loader image

UPT Unit Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (UP3M) Lakukan Audit Mutu Internal (AMI)

Hari itu tanggal 29 Mei 2023, sejak pukul 07.20 pagi kesibukan sudah terasa di ruangan UPT UP3M. Satu persatu terlihat civitas akademika bergantian lalu lalang mengunjungi ruangan penjaminan mutu ini. Aktivitas di ruangan itu sudah terasa kesibukannya sejak beberapa minggu sebelumnya ketika proses kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) dimulai.
Kegiatan AMI diawali dengan kegiatan sosialisasi kepada seluruh koordinator Program Studi oleh jajaran pimpinan dan unit pengembangan pembelajaran dan penjaminan mutu (UP3M) Politani Payakumbuh. Pada saat sosialisasi disampaikan tujuan dan ruang lingkup audit dan juga disepakati waktu pelaksanaan audit lapangan.

Selanjutnya dilakukan penetapan jadwal dan tim auditor yang akan bertugas. Auditor yang terlibat dalam kegiatan AMI sebanyak 9 orang yang diketuai oleh Ir. Irzal Irda, MP yaitu Ir. Rahzarni, M.P., Eva Yulia, S.Pt., M.Si, Ir. Yulensri B, M.Si., Ir. Suhadi, M.Si., Ir. Nelson Elita, M.P., Ir. Mamang Wahyudi, M.P., dan Ir. Harmailis, M.Si.

 

Setelah penetapan jadwal maka dilakukanlah audit lapangan dengan tujuan untuk memeriksa kelengkapan dokumen sesuai SPMI pada setiap prodi. Diawali dengan kegiatan pembukaan pada tanggal 29 Mei 2023, audit dilangsungkan dengan cara dua auditor bertugas melakukan audit terhadap satu program studi. Program studi yang menjadi auditi berjumlah 15 prodi yang tersebar di diploma 3, diploma 4 dan Magister Sarjana Terapan.
Adapun ruang lingkup AMI yang dievaluasi standar nasional yang sudah ditetapkan Dikti yaitu Standar kompetensi lulusan, Standar isi pembelajaran, Standar proses pembelajaran, Standar penilaian pembelajaran, Standar dosen dan tenaga kependidikan, Standar sarana dan prasarana, Standar pengelolaan pembelajaran, Standar hasil penelitian, Standar proses penelitian, Standar penilaian penelitian, Standar proses pengabdian kepada masyarakan (PkM), Standar penilaian pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan yang diawali pada tanggal 29 Mei – 13 Juni ini diikuti dengan antusias dan harap-harap cemas oleh prodi-prodi yang menjadi area audit. Dua orang auditor turun ke satu prodi untuk memeriksa kelengkapan dokumen mereka. Walaupun demikian bisa dilihat dari kesibukan masing-masing prodi minggu-minggu sebelumnya bahwa setiap program studi menginginkan hal yang sama agar kendali mutu pada Standar bisa dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.
Akhirnya, kegiatan audit SPMI yang ditutup pada tanggal 13 Mei 2023 ini diharapkan bisa mengidentifikasi kelengkapam dokumen sesuai Standar Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada semua Program Studi di Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Dengan demikian bisa dilakukan pengendalian maupun peningkatan agar mutu dokumen bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan. Semoga (RY).

 305 total views,  1 views today

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *